Minggu, 17 Agustus 2014

Teka-Teki Mengapa Planet Bulat

03.18 Posted by Admin 1 comment


Bagi semua orang tentu sudah tahu bahwa seluruh planet berbentuk bulat, dan tentu bumi juga termasuk salah satunya. Namun tahukah Anda mengapa planet bisa berbentuk bulat? Dan bagaimana prosesnya? Kita mulai saja dari Matahari, Merkurius, Venus, bumi sampai dengan Pluto dan juga planet-planet lain di luar Galaksi Bima Sakti memiliki bentuk yang sama yaitu bulat.

Jawaban kenapa planet dan banyaknya benda antariksa lainnya berbentuk bulat disebabkan oleh dua hal, pertama yaitu gravitasi dan kedua adalah formasi dari sistem tata surya.

Tata surya dibentuk dari apa yang disebut nebula atau sebuah konsentrasi area yang berisikan gas dan debu kosmik yang disebut juga dengan ISM atau Instellar Medium. Gas dan debu kosmik ini tersebar di mana-mana dan akan berkumpul menjadi satu pada sebuah gravitasi yang cocok dengannya.

Menurut Derek Sears, seorang profesor dari University of Arkansas, ketika suatu planet atau bintang sedang dalam proses pembentukan, medan gravitasi akan menarik semua hal yang ada di dekatnya sembari berputar dengan kencang.

  • Medan gravitasi pusat akan terus menarik debu-debu kosmik dan juga gas yang ada di sekitarnya, lapisan gravitasi lainnya akan menutupi bagian luar dan kecepatan putarnya itu akan membentuk model seperti bola.

Besar kecilnya suatu planet tentunya tergantung kekuatan medan gravitasi inti dalam menarik debu kosmik dan gas-gas di sekitarnya. Namun perlu diingat, sebenarnya semua planet di jagat raya ini tidak berbentuk bulat 100 persen, hanya terlihat seperti bola dari kejauhan.
Mau belajar tutorial dan dapatkan template gratis dan keren?
leotemplates.us
#Template, Tutorial Blog, SEO, WEB 2.0, HTML, CSS dan Javascript.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »

1 komentar:

keren juga template ne.....

Silakan beri komentar Anda mengenai artikel diatas

Thanks For Your Comment Here